Definisi PBK
adalah segala sesuatu aktivitas pembelajaran yang
dilakukan melalui komputer. Jadi pada PBK aktivitas pemberian materi, menarik
minat siswa untuk mengikuti pelajaran, memberikan test dan memperberikan umpan
balik semuanya dilakukan oleh komputer.
Pembelajaran
Berbantuan Komputer adalah aplikasi komputer sebagai bagian integral dalam
sistem pembelajaran terhadap proses belajar dan mengajar yang bertujuan
membantu siswa dalam belajarnya bisa melalui pola interaksi dua arah melalui
terminal komputer mau pun multi arah yang diperluas melalui jaringan komputer
(baik lokal maupun global) dan juga diperluas fungsinya melalui interface (antar muka) multimedia (Emithu,
2010).
Pembelajaran berbantuan
komputer telah berkembang cukup lama, dari bentuk yang sederhana seperti
drill-and-practice dan tutorial sampai
ke bentuk yang kompleks seperti pengajaran berbantuan komputer yang bersifat
intelijen atau cerdas. PBK tepat sebagai media pembelajaran individual, namun
PBK masih memerlukan kehadiran guru. PBK merupakan suatu alat bantu untuk
meringankan beban guru, sehingga guru mempunyai kesempatan untuk lebih
memperhatikan siswa secara individual.
Kendati penggunaan komputer dapat meningkatkan prestasi belajar siswa,
namun komputer tidak dapat mengganti peran guru secara keseluruhan, karena
peran guru tidak dapat digantikan oleh media apapun termasuk komputer.
Pembelajaran
Berbantuan terdiri atas komponen-komponen sebagai berikut:
a. Hardware, yaitu komputer dan piranti
pendukungnya.
b. Software, dapat berupa sistem operasi atau
modul program komputer untuk merepresentasikan materi perangkat ajar.
c. Brainware, yaitu pembuat sistem, pengajar,
atau siswa.
Fungsi PBK
- Mengilustrasikan konsep melalui gambar, suara maupun demonstrasi yang atraktif.
- Memungkinkan siswa untuk mengetahui kemajuan belajarnya, belajar secara individu maupun kelompok.
- Menyajikan umpan balik secara langsung sehingga siswa tahu jawabannya benar atau salah.
- Mengilustrasikan konsep melalui gambar, suara maupun demonstrasi yang atraktif.
- Memungkinkan siswa untuk mengetahui kemajuan belajarnya, belajar secara individu maupun kelompok.
- Menyajikan umpan balik secara langsung sehingga siswa tahu jawabannya benar atau salah.
Ciri-ciri sistem PBK
- Siswa berinteraksi langsung dengan komputer
- Siswa menyimak dan berkomunikasi melalui layar monitor
- Siswa menampilkan materi (pertanyaan)
- Siswa berhubungan secara intensif seperti pembelajaran konvensional
- Siswa berinteraksi langsung dengan komputer
- Siswa menyimak dan berkomunikasi melalui layar monitor
- Siswa menampilkan materi (pertanyaan)
- Siswa berhubungan secara intensif seperti pembelajaran konvensional
Jenis-jenis
Pembelajaran Berbantuan Komputer PBK secara umum dibedakan menjadi empat
kategori:
a. Tutorial
(Penjelasan)
Jenis PBK ini digunakan
untuk menyampaikan suatu materi pengajaran. Tutorial bertujuan untuk
menyampaikan atau menjelaskan materi tertentu, dimana komputer menyampaikan
materi, sesuai dengan bahan yang akan diajarkan. Dalam menyajikan materi,
tutorial dapat dibedakan menjadi tutorial linier dan tutorial bercabang
(Hastuti, 1997). Dalam beberapa hal pula, tutorial diperlukan agar membantu
siswa dalam mengatasi masalah belajarnya. Biasanya dengan bantuan navigasi
materi yang diajarkan, tutorial akan memudahkan siswa mempelajari bagian-bagian
materi tertentu.
b. Drill
and Practice (Latihan dan Praktik)
Jenis ini digunakan
untuk menguji tingkat pengetahuan siswa dan mempraktekkan pengetahuan mereka,
sehingga pembuatannya disesuaikan dengan tingkat kemampuan masing-masing siswa.
Dalam hal ini, siswa bertugas menjawab soal setelah selesai menjawab seluruh
soal computer memberikan feedback, atau juga memberi feedback setelah menjawab
satu soal sebelum beralih ke soal berikutnya. Latihan dan praktik juga dapat
diterapkan pada siswa yang sudah mempelajari konsep (kemampuan dasar) dengan
tujuan untuk memantapkan konsep yang telah dipelajari, di mana siswa sudah siap
mengingat kembali atau mengaplikasikan pengetahuan yang telah dimiliki.
c. Simulation
(Simulasi)
Simulasi digunakan
untuk memperagakan sesuatu (keterampilan) sehingga siswa merasa seperti berada
dalam keadaan yang sebenarnya. Simulasi banyak digunakan pada pembelajaran
materi yang membahayakan, sulit, atau memerlukan biaya tinggi, misalnya untuk
melatih pilot pesawat terbang atau pesawat tempur. Pada perangkat ajar simulasi
siswa dihadapkan pada situasi yang mirip dengan kehidupan nyata. Intinya, dunia
nyata dipresentasikan dalam bentuk model dan kemudian dengan teknik simulasi
siswa dapat mempelajari kelakuan sistem.
d. Games
(Permainan)
Berdasarkan
tujuan belajarnya jenis permainan dibagi menjadi dua tipe, yaitu sebagai
berikut:
1) Permainan
Intrinsik (Intrinsic Games)
Mempelajari aturan permainan dan
keahlian dalam suatu permainan (games).
2) Permainan
Ekstrinsik (Extrinsic Games)
Permainan hanya sebagai perangkat
tambahan sebagai fasilitas belajar dan membangkitkan motivasi siswa.
Karakteristik
PBK
a. Karakterist
ik umum
Karakteristik umum
adalah sifat umum yang ada di set iap model pembelajaran, sehingga
masing-masing model pun selalu ada dan melekat pada karakteristik umum ini.
Beberapa hal yang terdapat pada karakteristik umum antara lain:
1) Mengajarkan
(ajaran) / pola pengetahuan. Unit-unit kecil dari sajian informasi pada layar
seringkali latihan diperlukan, diikut i umpan balik langsung.
2) Desain
(rancangan) untuk menetapkan keandalan program media pengajaran.
3) Untuk
tiap pelajar, program menyediakan (memperbolehkan) perseorangan (pelajar)
melangkah dan melalui beberapa cabang.
4) Melalui
penerapan dari prinsip-prinsip ilmu pengetahuan tentang belajar manusia.
b. Karakteristik
khusus
Karakteristik khusus
adalah karakteristik pengajaran berbantuan computer yang mengacu pada
masing-masing model. Sehingga akan didapatkan karakteristik yang berbeda-beda
pada masing-masing model pembelajaran.
Kelebihan
Pembelajaran Berbantuan Komputer
Kelebihan
komputer sebagai media pembelajaran adalah sebagai berikut:
a. Meningkatkan perhatian dan konsentrasi siswa.
b. Meningkatkan motivasi siswa.
c. Menyesuaikan materi dengan kemampuan siswa.
d.
Mereduksi penggunaan waktu penyampaian
materi.
e. Membuat pengalaman belajar lebih
menyenangkan, memuaskan dan menguatkan siswa.
f. Dapat mengakomodasikan banyak siswa dan
menjalankan fungsinya dengan sedikit kesalahan.
g. Komputer tidak akan lelah, benci, marah, dan
lupa.
h. Dapat menggunakan fasilitas penyimpanan untuk
mengetahui kemajuan belajar siswa.
i. Materi dapat di desain lebih menarik.
j. Dapat mendorong guru untuk meningkatkan
pengetahuan dan kemampuan mengenai komputer.
Kekurangan Pembelajaran Berbantuan Komputer
Pada
sisi lain, PBK juga memiliki kekurangan, antara lain:
a. Dikembangkan dalam dialog terbatas sehingga
tidak dapat menjawab semua permasalahan siswa.
b. Masih relatif mahal.
c. Tidak dapat melihat teknik siswa dalam
menjawab soal dan penguatan sudah tertentu.
d. Pengembangan PBK memerlukan biaya, waktu dan
tenaga yang tidak sedikit.
e. Pada kasus khusus, PBK hanya dapat dijalankan
pada spesifikasi komputer tertentu.
f. Kecepatan perkembangan teknologi komputer
memerlukan upgrade yang terus-menerus.
g. Penilaian tidak mempertimbangkan apakah siswa
sedang lelah, mengantuk atau sakit.
h. Pada umumnya hanya menilai hasil akhir, bukan
proses belajar.
i. Komputer tidak dapat meniru tingkah laku
guru, misalnya senyuman, raut muka, gerakan tangan dan badan, serta tidak dapat
menggantikan ikatan batin antara siswa dan guru.
No comments:
Post a Comment