Thursday, December 6, 2012

Resume PBK ( Pembelajaran berbantuan Komputer)



Definisi PBK adalah segala sesuatu aktivitas pembelajaran yang dilakukan melalui komputer. Jadi pada PBK aktivitas pemberian materi, menarik minat siswa untuk mengikuti pelajaran, memberikan test dan memperberikan umpan balik semuanya dilakukan oleh komputer.
Pembelajaran Berbantuan Komputer adalah aplikasi komputer sebagai bagian integral dalam sistem pembelajaran terhadap proses belajar dan mengajar yang bertujuan membantu siswa dalam belajarnya bisa melalui pola interaksi dua arah melalui terminal komputer mau pun multi arah yang diperluas melalui jaringan komputer (baik lokal maupun global) dan juga diperluas fungsinya melalui  interface (antar muka) multimedia (Emithu, 2010).
Pembelajaran berbantuan komputer telah berkembang cukup lama, dari bentuk yang sederhana seperti drill-and-practice  dan tutorial sampai ke bentuk yang kompleks seperti pengajaran berbantuan komputer yang bersifat intelijen atau cerdas. PBK tepat sebagai media pembelajaran individual, namun PBK masih memerlukan kehadiran guru. PBK merupakan suatu alat bantu untuk meringankan beban guru, sehingga guru mempunyai kesempatan untuk lebih memperhatikan siswa secara individual.  Kendati penggunaan komputer dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, namun komputer tidak dapat mengganti peran guru secara keseluruhan, karena peran guru tidak dapat digantikan oleh media apapun termasuk komputer.

Pembelajaran Berbantuan terdiri atas komponen-komponen sebagai berikut:
a.   Hardware, yaitu komputer dan piranti pendukungnya.
b.  Software, dapat berupa sistem operasi atau modul program komputer untuk merepresentasikan materi perangkat ajar.
c.   Brainware, yaitu pembuat sistem, pengajar, atau siswa.
Fungsi PBK
- Mengilustrasikan konsep melalui gambar, suara maupun demonstrasi yang atraktif.
- Memungkinkan siswa untuk mengetahui kemajuan belajarnya, belajar secara individu maupun kelompok.
- Menyajikan umpan balik secara langsung sehingga siswa tahu jawabannya benar atau salah.
Ciri-ciri sistem PBK
- Siswa berinteraksi langsung dengan komputer
- Siswa menyimak dan berkomunikasi melalui layar monitor
- Siswa menampilkan materi (pertanyaan)
- Siswa berhubungan secara intensif seperti pembelajaran konvensional
Jenis-jenis Pembelajaran Berbantuan Komputer PBK secara umum dibedakan menjadi empat kategori:
a.       Tutorial (Penjelasan)
Jenis PBK ini digunakan untuk menyampaikan suatu materi pengajaran. Tutorial bertujuan untuk menyampaikan atau menjelaskan materi tertentu, dimana komputer menyampaikan materi, sesuai dengan bahan yang akan diajarkan. Dalam menyajikan materi, tutorial dapat dibedakan menjadi tutorial linier dan tutorial bercabang (Hastuti, 1997). Dalam beberapa hal pula, tutorial diperlukan agar membantu siswa dalam mengatasi masalah belajarnya. Biasanya dengan bantuan navigasi materi yang diajarkan, tutorial akan memudahkan siswa mempelajari bagian-bagian materi tertentu.
b.      Drill and Practice (Latihan dan Praktik)
Jenis ini digunakan untuk menguji tingkat pengetahuan siswa dan mempraktekkan pengetahuan mereka, sehingga pembuatannya disesuaikan dengan tingkat kemampuan masing-masing siswa. Dalam hal ini, siswa bertugas menjawab soal setelah selesai menjawab seluruh soal computer memberikan feedback, atau juga memberi feedback setelah menjawab satu soal sebelum beralih ke soal berikutnya. Latihan dan praktik juga dapat diterapkan pada siswa yang sudah mempelajari konsep (kemampuan dasar) dengan tujuan untuk memantapkan konsep yang telah dipelajari, di mana siswa sudah siap mengingat kembali atau mengaplikasikan pengetahuan yang telah dimiliki.
c.       Simulation (Simulasi) 
Simulasi digunakan untuk memperagakan sesuatu (keterampilan) sehingga siswa merasa seperti berada dalam keadaan yang sebenarnya. Simulasi banyak digunakan pada pembelajaran materi yang membahayakan, sulit, atau memerlukan biaya tinggi, misalnya untuk melatih pilot pesawat terbang atau pesawat tempur. Pada perangkat ajar simulasi siswa dihadapkan pada situasi yang mirip dengan kehidupan nyata. Intinya, dunia nyata dipresentasikan dalam bentuk model dan kemudian dengan teknik simulasi siswa dapat mempelajari kelakuan sistem.
d.      Games (Permainan)
Berdasarkan tujuan belajarnya jenis permainan dibagi menjadi dua tipe, yaitu sebagai berikut:
1)      Permainan Intrinsik (Intrinsic Games)
Mempelajari aturan permainan dan keahlian dalam suatu permainan (games).

2)      Permainan Ekstrinsik (Extrinsic Games)
Permainan hanya sebagai perangkat tambahan sebagai fasilitas belajar dan membangkitkan motivasi siswa.
Karakteristik PBK
a.       Karakterist ik umum
Karakteristik umum adalah sifat umum yang ada di set iap model pembelajaran, sehingga masing-masing model pun selalu ada dan melekat pada karakteristik umum ini. Beberapa hal yang terdapat pada karakteristik umum antara lain: 
1)      Mengajarkan (ajaran) / pola pengetahuan. Unit-unit kecil dari sajian informasi pada layar seringkali latihan diperlukan, diikut i umpan balik langsung. 
2)      Desain (rancangan) untuk menetapkan keandalan program media pengajaran.
3)      Untuk tiap pelajar, program menyediakan (memperbolehkan) perseorangan (pelajar) melangkah dan melalui beberapa cabang.
4)      Melalui penerapan dari prinsip-prinsip ilmu pengetahuan tentang belajar manusia.
b.      Karakteristik khusus
Karakteristik khusus adalah karakteristik pengajaran berbantuan computer yang mengacu pada masing-masing model. Sehingga akan didapatkan karakteristik yang berbeda-beda pada masing-masing model pembelajaran.
Kelebihan Pembelajaran Berbantuan Komputer
Kelebihan komputer sebagai media pembelajaran adalah sebagai berikut:
a.  Meningkatkan perhatian dan konsentrasi siswa.
b.  Meningkatkan motivasi siswa.
c.  Menyesuaikan materi dengan kemampuan siswa.
d.  Mereduksi penggunaan waktu penyampaian materi.
e.  Membuat pengalaman belajar lebih menyenangkan, memuaskan dan menguatkan siswa.
f.  Dapat mengakomodasikan banyak siswa dan menjalankan fungsinya dengan sedikit kesalahan.
g.  Komputer tidak akan lelah, benci, marah, dan lupa.
h.  Dapat menggunakan fasilitas penyimpanan untuk mengetahui kemajuan belajar siswa.
i.  Materi dapat di desain lebih menarik.
j.  Dapat mendorong guru untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mengenai komputer.
 Kekurangan Pembelajaran Berbantuan Komputer
Pada sisi lain, PBK juga memiliki kekurangan, antara lain:
a.  Dikembangkan dalam dialog terbatas sehingga tidak dapat menjawab semua permasalahan siswa.
b.  Masih relatif mahal.
c.  Tidak dapat melihat teknik siswa dalam menjawab soal dan penguatan sudah tertentu.
d.  Pengembangan PBK memerlukan biaya, waktu dan tenaga yang tidak sedikit.
e.  Pada kasus khusus, PBK hanya dapat dijalankan pada spesifikasi komputer tertentu.
f.  Kecepatan perkembangan teknologi komputer memerlukan  upgrade  yang terus-menerus.
g.  Penilaian tidak mempertimbangkan apakah siswa sedang lelah, mengantuk atau sakit.
h.  Pada umumnya hanya menilai hasil akhir, bukan proses belajar.
i.  Komputer tidak dapat meniru tingkah laku guru, misalnya senyuman, raut muka, gerakan tangan dan badan, serta tidak dapat menggantikan ikatan batin antara siswa dan guru.

No comments:

Post a Comment