RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SMP Bahauddin
Mata Pelajaran : Al-Qur’an Hadits
Kelas/Semester : VII-6/ II ( Dua )
Pertemuan Ke- : Dua
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit
A.
Kompetensi Inti
( KI ) :
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
3.
Memahami
pengetahuan ( factual, konseptual, dan procedural ) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni , budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.
Mencoba
mengolah dan memnyaji dalam ranah konkret ( menggunakan, mengurai, membaca,
memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak ( menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekoah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar ( KD ) :
·
Menjelaskan pengertian
bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
·
Membedakan
hukum bacaan nun mati /tanwin dan mim mati.
·
Mempraktikkan
hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
·
Menjelaskan pengertian dan pembagian hukum
bacaan nun mati/ tanwin.
·
Menjelaskan
pengertian bacaan idhar.
·
Mempraktikkan bacaan idhar dengan baik
dan benar.
D.
Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa dapat menjelaskan pengertian dan
pembagian hukum bacaan nun mati/ tanwin.
·
Siswa dapat menjelaskan
pengertian bacaan idhar.
·
Siswa dapat mempraktikkan bacaan idhar
dengan baik dan benar.
E.
Materi Ajar
Nun sukun/mati adalah huruf
nun yang ditandai dengan sukun, letaknya ada yang di tengah atau di akhir
kata.Contoh :منه
Tanwin adalah bunyi /suara nun mati yang terletak di akhir benda( isim)
dalam ucapannya. Contoh: زيد
Nun sukun / tanwin jika bertemu dengan satu di antara huruf hijaiyah
mempunyai 4 hukum bacaan:
1. Idhar
Menurut
bahasa berarti jelas/terang, menurut istilah ilmu tajwid berarti mengeluakan
huruf dari makhrojnya dengan jelas, tanpa dengung tanpa mengurangi sifat hurufnya.Bacaan ini terjadi bila nun
mati/tanwin bertemu dengan salah satu diantara huruf hamzah, ha’, cha’, kho’
‘ain, ghoin, ke enam huruf tersebut adalah huruf-huruf halqi, maka disebut juga
bacaan idhar halqi, contoh:ينحتون من
أعطى
F.
Metode
Pembelajaran
-
Ceramah
-
Tanya Jawab
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
15
Menit
|
|
Inti
|
60
Menit
|
|
Penutup
|
5
Menit
|
|
H.
Sumber belajar
I .
Penilaian
No comments:
Post a Comment